Pagerank & Cara Optimasi SEO Terkini

Pagerank Google masih menjadi rahasia besar bagi praktisi search engine optimization (SEO hingga saat ini.

Pagerank atau biasanya dulu dikenal dengan istilah “PR” merupakan sistem ranking score halaman website yang dibuat oleh pihak Google sendiri dan mulai dihilangkan dari publik sekitar sejak tahun 2010 an.

Kekuatan Pagerank (Authority) sangat berpengaruh dengan hasil search engine result page (SERP). Itulah kenapa jika domain sudah bagus authoritynya maka sangat mudah halaman lain bisa naik peringkatnya di Google meskipun permalink tersebut tanpa backlinks.

Idealnya, jika website tersebut memiliki tema khusus, katakanlah seperti property, keuangan, kesehatan dan lainnya, domain authority yang dibutuhkan tidak sebesar website yang memiliki niche general.

Website general bisa saja kalah peringkat rank nya di Google untuk kata kunci tema khusus tadi meskipun domain authority nya jauh lebih tinggi.

Sejarah Pagerank Google

Dibawah ini merupakan gambar infografik sejarah dihapusnya pagerank dari publik oleh google. Sumber gambar www.link-assistant.com

 

sejarah pagerank

Tahukah kamu bahwa pagerank Google masih tetap eksis hingga sekarang namun tidak untuk publik, hanya untuk algoritma mereka sendiri.

Alternatif Authority Rank score

Karena pagerank (PR) sudah tidak bisa dikonsumsi umum lagi, oleh karena itulah beberapa Pelaku SEO membuat algoritma sendiri sebagai alternatif acuan menilai score rank dari sebuah halaman website, diantaranya adalah:

  • Domain Inlink Rank – (SEO powersuite)
  • Domain Authority (DA) & Page Authority (PA) – (Moz)
  • Citation Flow & Trust Flow – (Majestic)
  • Domain Rank – (Ahrefs)

Paling sering jadi acuan biasanya Moz, tidak aneh karena beberapa layanan website gratis mengambil API dari moz dan dijadikan tool online cek authority. Sementara yang lainnya harus berbayar.

Pagerank Google Score Berdasarkan Analisa Primedigital.id

Sebelum ada tool dari moz seperti DA PA cek, sebenarnya Kami sudah mengelompokkan beberapa algoritma Google dalam menentukan pagerank score diantaranya adalah:

  1. Backlink dari pagerank tinggi (page authorityPA Moz), bukan dari domain authority.
  2. Kualitas backlink
  3. Internal link
  4. Jumlah linkin VS outlink
  5. Brand mention (dengan link maupun tanpa link)
  6. Backlink setiap halaman VS jumlah keseluruhan halaman
  7. Trafik setiap halaman VS jumlah keselurahan halaman

Backlink dari pagerank tinggi (PA) bukan domain authority (DA)

Domain authority tinggi (DA) bukan berarti setiap halaman memiliki page authority tinggi juga (PA). Bahkan website dengan DA tinggi jika baru posting tetap saja page authoritynya (PA) rendah yaitu hanya satu (1).

Usahakan mendapatkan backlink dari page authority tinggi, apalagi jika seniche (satu tema topik). Biasanya ahli seo mengakalinya dengan memberikan backlink lagi ke backlink tersebut agar naik page authoritynya.

Kualitas backlink

Kualitas backlinks tentu sudah faham semua, yaitu biasanya dari domain authority dan page authority (DA-PA moz). Kualitas tersebut dapat dikelompokan lagi kedalam beberapa kriteria yaitu:

  • Backlinknya lebih banyak dari outlink
  • Trusted dan DA PA cukup tinggi dan spam score nya rendah.
  • Memiliki real trafik, lebih tinggi lebih bagus

Meskipun PA lebih penting, tapi jika domain authority tinggi, trafik bagus dan spam score nya rendah bisa membantu mendongkrak PA lebih cepat, serta bisa diberikan juga backlink ke backlink tersebut. Jika sudah terlanjur ada backlink banyak.

Anda bisa mulai mengauditnya dan menggunakan tool gratis dari seo spyglass. Anda bisa cek backlink mana yang ditandain toxic (racun) dan memiliki spam score tinggi serta over optimasi dengan anchor text linknya.

Internal Link

Internal link sangat penting untuk mempercepat peringkat score pagerank website Anda. Usahakan anchor internal link nya natural dan sesuai topik bahasan, jangan dipaksakan. Jika memang ingin menaikkkan rank suatu kata kunci (keyword) ada baiknya updated / publish artikel baru yang satu tema dengan target dan lakukan internal link.

Jumlah linkin VS outlink

Jumlah link masuk harus lebih banyak dari link keluar. Karena jika perbandingan sama atau bahkan terbalik, maka sangat rawan website Anda terdeteksi web spam. Hal ini juga berlaku untuk backlinks situs Anda.

Brand mention (dengan link maupun tanpa link)

Brand mention ini sangat penting juga karena bisa menjadi sinyal Google seberapa terkenal pamor website Anda. Hal tersebut juga pernah dibahas oleh Eric Enge, leads the Digital Marketing practice for Perficient Digital saat wawancara & percakapan dengan Google Webmaster Trends Analyst Gary Illyes tahun 2017. Cek disini artikelnya.

Sebelum ada publikasi tersebut, pakar SEO Kami sudah mendeteksi hal ini. Secara logika memang seharusnya sangat berpengaruh karena dari sini bisa terdeteksi seberapa terkenal brand Anda (termasuk domain name).

Jika ingin mendeteksi seberapa banyak brand mention situs di Google, bisa melalui cek di pencarian nama brand perusahaan Anda di Google. Biasanya kalau nama brand similar dan banyak didunia akan terdeteksi banyak. lakukan filter dengan nama domain saja. Contoh-nya seperti digambar berikut:

search brand tokopedia

Dari hasil tersebut terlihat ada sekitar 61,6 juta brand mention yang tersimpan di database Google dan dikirim by request dalam 0.40 detik (termasuk dalam domain mereka sendiri). Jika lebih mendetil lagi dengan domain ekstensinya (plus .com) biasanya hasilnya pasti lebih sedikit.

Sama halnya dengan Lazada, jika hanya lazada saja tentu hasilnya wow banget karena brand lazada saja ada di beberapa negara. Tapi jika mendetil lagi dengan menambahkan lazada.co.id maka hasilnya jauh dibawah tokopedia.

Artikel ini pun jika sudah diindeks oleh Google akan ditambahkan sebagai brand mention, meskipun tanpa menautkan link kesana. Menjadi sinyal kekuatan brand serta mendongkrak domain authority.

Backlink setiap halaman VS jumlah keseluruhan halaman

Faktor ini adalah versi pakar SEO Kami, mungkin Anda bingung apa maksudnya?

Backlink disetiap halaman ini maksudnya adalah setiap halaman dalam website / situs Anda, yang mana saja mendapatkan backlinks. Apakah semua, 1/2, 1/3 nya dan seterusnya.

Jika hampir semua halaman memiliki backlink, apalagi link bait (natural) bisa dipastikan situs tersebut memiliki konten yang bermanfaat semua. Begitupun sebaliknya.

Itulah mengapa website dengan artikel banyak belum tentu memiliki domain authority tinggi. Artikel lama (sudah ketinggalan zaman dengan metode terkini) mungkin harus diedit sesuai dengan sekarang.

Artikel lama dan yang tidak begitu bermanfaat bagi user bisa menjadi bumerang (parasit) sebuah Situs. Apalagi penuh dengan blog placement berbayar.

Trafik setiap halaman VS jumlah keselurahan halaman

Metodenya hampir sama dengan backlink setiap halaman tersebut, cuma ini masih bisa dimanfaatkan dengan cara memperbanyak internal link ke artikel yang kurang populer tadi serta share juga ke sosial media. Nantinya akan mempengaruhi dengan crawl budget SEO dan increase rank.