Home » Blog » analytics » Memastikan Data SEO CTR & Impression Google Search Console

Memastikan Data SEO CTR & Impression Google Search Console

performace search console

Mesmastikan data performance SEO website tentu adalah suatu hal yang mesti dilakukan secara berkala. Tool gratis yang sudah pasti harus digunakan adalah Google search console dari Google.

Banyak elemen yang bisa Anda kulik datanya dari tool tersebut mulai dari performace hingga isu terkait masalah dalam website. Sehingga bisa dibenahi sesegera mungkin.

Memastikan Lewat Search Console Google

SS ctr

Klik performace pada dashboard search concole, lalu scroll kebawah, disana akan ditemukan data seputar halaman url, CTR, impression di website.

Menjawab beberapa pertanyaan yang masuk ke Kami adalah, tentang perbandingan antara click through rate (CTR) dan Impression.

Standar pastinya adalah, jika impression naik maka jumlah klik akan meningkat. Paling jumlah peningkatan berapa persennya saja yang sesuai dengan intensitas para pencari informasi di mesin pencari.

Maka jangan heran meskipun impression naik tapi klik tidak berubah, karena kenaikan impressionnya tidak signifikan. Dan ada beberapa case seperti impression meningkat (increase) tapi klik turun begitu juga sebaliknya. Coba kita bahas sedikit, yaitu:

Impression Meningkat, Klik turun

Faktor yang bisa jadi penyebabbya biasanya adalah:

  • Featured Snippet
  • Posisi Rank Turun tapi Masih di Halaman Pertama
  • Kata kunci pecahannya banyak naik, tapi masih posisi bawah
  • Google bisnisku atau google my business meningkat (GMB)
  • Google Trend

Featured Snippet

Keyword banyak target no click karena sudah di cover oleh featured snippet dari Google (apa itu, ini adalah, maksud dari, info alamat dll)

Website banyak tampil di hasil pencarian tapi sudah di cover oleh featured snippet Google. Saat ini Google makin gencar meningkatkan featured snippet sehingga orang tidak perlu lagi mengunjungi website yang ada di hasil pencarian tersebut.

Hampir semua elemen kata kunci ingin di rambah oleh Google, termasuk ecommerce, produk, info wisata dan lainnya. Knowledge graph ini akan memperrkecil tingkat klik ke website-website pastinya.

Posisi Rank Turun tapi Masih di Halaman Pertama

Meskipun posisi peringkat (rank) website Anda masih dihalaman pertama, tapi jika posisinya turun apalagi sampai posisi 9-10, tentu CTR akan ikut turun drastis.

Related Keyword Increase

Kata kunci pecahan dan keywords related banyak yang naik ranking nya tapi masih berada di posisi 6 besar kebawah.

Google Bisnis

Google bisnis Anda makin sering tampil (increase impression) tapi sedikit sekali atau tidak ada yang klik / mengunjunginya.

Google Trend

Ada kalanya trend pencarian untuk keyword atau event tertentu meningkat dan berhubungan dengan kata kunci website Anda. namun URL web Anda tidak masuk halaman pertama.

Impression Turun, Klik Meningkat

Kebalikan dengan kasus diatas, bisa saja impression turun tapi klik justru meningkat. biasanya faktor penyebabnya adalah:

  • Trend Pencarian
  • Brand intentions
  • Kompetitor & Copy paste

Trend Pencarian

Trend pencarian dari kata kunci yang berhubungan dengan landing page Anda mulai turun. Biasanya pada bulan-bulan tertentu akan ada penurunan trend.

Brand Intentions

Brand website Anda semakin membaik, bisa dari referensi mulut ke mulut, ataupun aktivitas branding sebelumnya. Sehingga meskipun website tidak di halaman pertama (katakanlah di halaman 2 Google) tapi orang tetap cari URL atau brand situs Anda.

Kompetitor & Copy paste

Tidak sedikit ada kalanya pencarian kata kunci tertentu dilakukan oleh kompetitor atau pelaku copy paste. Pelaku Copas ini mencari referensi artikel yang layak untuk di ambil dan mungkin web Anda jadi korbannya.

Begitu juga kompetitor, yang hanya ingin cek tampilan atau performa website Anda, jadi meskipun situs berada di posisi bawah halaman pertama atau halaman 2 tetap dikunjungi.