Categories
SEO

Google Sandbox, Apa itu dan Cara Keluarnya

Pernah mendengar istilah “Google sandbox” atau kotak pasir? Pada era tahun 2004 google sandbox ini sangat terkenal bagi penggiat SEO.

Google sandbox adalah website baru atau over optimize SEO dan landing page nya tidak tampil dihasil pencarian Google atau Search Engine Result Page (SERP) atau mirip masuk karantina database Google.

Biasanya benar-benar terasa dampaknya bagi website baru atau domain baru. Dalam beberapa bulan susah untuk diindex.

Pada era tahun 2008 sampai dengan 2012 istilah ini masih kuat dan sering terjadi pada website, bukan hanya web dengan domain baru tapi juga domain lama yang over optimasi.

Apakah Google sandbox ini masih ada? yup, sampai sekarang sebenarnya google sandbox masih ada dan faktor utamanya sama yaitu over optimasi SEO. Namun jika dibandingkan dengan domain lama, domain baru lebih riskan terkena sanbox ini.

Apakah Google sandbox sama dengan Deindeks ?

Google sandbox tidak sama dengan website yang terkena deindeks, jika web di deindeks biasanya semua halamannya akan hilang dari hasil pencarian Google. Bahkan jika Anda ketikkan dipencarian Google seperti site:domainsaya.com tetap tidak ada hasil.

Sementara google sandbox biasanya hanya URL atau halaman tertentu yang terkena dampak, bahkan kadang jika diketikkan di Google seperti diatas (site:domainsaya) masih ada hasilnya dan diindeks. sanboxlebih ke penalty sementara.

Penyebab Terkena Sandbox

Apa yang menyebabkan website terkena sandbox (sandera) ini? Rata-rata penyebabnya adalah sebagai berikut:

  1. Website / domain baru atau halaman permalink baru over optimasi
  2. Over optimasi onpage konten (terindikasi keyword stuffing)
  3. Canibalism keyword dalam situs
  4. Backlink editan

Kita bahas satu persatu

Website / domain baru atau halaman permalink baru over optimasi

Website dengan domain baru mudah terkena sandbox jika terindikasi over optimasi website. Biasanya domain baru atau halaman landing page baru sudah disuntik backlink banyak dalam waktu yang cepat.

Mesin pencari akan cepat menangkap sinyal seperti ini, jadi hindari memberikan backlink yang banyak dalam waktu singkat untuk domain baru atau halaman landing yang masih baru.

Over optimasi onpage konten (terindikasi keyword stuffing)

Konten yang menumpuk kata kunci sangat mudah ketangkap oleh Googledan dianggap keyword stuffing. Idealnya adalah kata kunci jangan lebih dari 3% apalagi sampai 5%. Dengan begitu akan terlihat natural dan tidak dianggap over optimize, jika memang mengharuskan kata itu, usahakan dengan teknik memakai kata sinonim.

Canibalism keyword dalam situs

Apa itu canibalism? canibalism keyword adalah terlalu banyak landing page yang similar dan mirip sehingga kata kunci target pun hampir mirip.

mesin pencari Google biasanya akan mendetek ini dan halaman dengan kata kunci target akan berubah-ubah terus, sehingga Anda juga akan kesulitan harus optimasi halaman yang mana untuk kata kunci target-nya.

Backlink editan

Apa pula backlink edit ? backlink edit adalah ketika Anda mengedit backlink lama dan menuju ke halaman baru / web domain baru.

Ketika backlink website Anda yang lama sudah keindeks (bisa memakai cara pencarian diatas “site:linknya” untuk ceknya), lalu diedit target linknya tanpa menambah atau mengedit konten / artikelnya.

 

Hal semacam itu akan sangat cepat dideteksi oleh google sebagai spam dan masuk sanbox. Lebih ke seperti buying link.

Untuk itulah hati-hati juga jika ada yang menawarkan blog placement ke artikel atau posting lama dan menambahkan link disana. Sudah sangat banyak contoh blogger yang terkena efeknya bahkan kalau keseringan bisa di deindeks.

Cara keluar dari google sandbox

Sebelum memastikan apakah halaman web Kamu terkena sanbox, ada baiknya cek kata kunci target Anda di Google. Apakah url web Anda ada atau tidak.

Tapi jika terlalu manual untuk cek hasilnya, Kamu bisa menggunakan tool dari searchenginegenie ini, nantinya akan kelihatan hasilnya apakah website terkena sandbox. Tool tersebut cukup valid dan sudah eksis cukup lama sampai sekarang.

Jika hasilnya memang url landing page terkena sandbox, berikut caracepat keluarnya:

  1. Cek apakah konten atau artikel di halaman tersebut memiliki kata kunci target yang terlalu banyak. Untuk cek nya bisa memakai tool gratis dan salah satunya dari seoreviewtools. Edit kata kunci yang over optimize di halaman tersebut sehingga terlihat lebih natural.
  2. Buat konten baru related dengan halaman yang terkena sandbox. Konten harus sangat berkualitas (konten terbaik lha versi Kamu) lalu internal link ke url terkena sandbox tersebut. Usahakan kontennya benar-benar bagus dan unik.
  3. Cek backlink ke website Anda, bisa menggunakan tool dari seospyglass. lakukan disavow link.

Sebenarnya, halaman yang kena google sandbox bisa saja lepas / keluar dengan sendirinya tanpa diapa-apain. Tapi hal itu butuh waktu dan tidak tentu, bahkan bisa bulanan atau sampai 3 bulan kedepan. Cukup sayang juga pastinya kan..

Jika tahap agar lepas dari sanbox tersebut dilakukan, selain bisa keluar dari sandbox dengan cepat, bisa juga justru posisi ranking nya lebih baik lagi dan increase.

Categories
SEO

Pagerank & Cara Optimasi SEO Terkini

Pagerank Google masih menjadi rahasia besar bagi praktisi search engine optimization (SEO hingga saat ini.

Pagerank atau biasanya dulu dikenal dengan istilah “PR” merupakan sistem ranking score halaman website yang dibuat oleh pihak Google sendiri dan mulai dihilangkan dari publik sekitar sejak tahun 2010 an.

Kekuatan Pagerank (Authority) sangat berpengaruh dengan hasil search engine result page (SERP). Itulah kenapa jika domain sudah bagus authoritynya maka sangat mudah halaman lain bisa naik peringkatnya di Google meskipun permalink tersebut tanpa backlinks.

Idealnya, jika website tersebut memiliki tema khusus, katakanlah seperti property, keuangan, kesehatan dan lainnya, domain authority yang dibutuhkan tidak sebesar website yang memiliki niche general.

Website general bisa saja kalah peringkat rank nya di Google untuk kata kunci tema khusus tadi meskipun domain authority nya jauh lebih tinggi.

Sejarah Pagerank Google

Dibawah ini merupakan gambar infografik sejarah dihapusnya pagerank dari publik oleh google. Sumber gambar www.link-assistant.com

 

sejarah pagerank

Tahukah kamu bahwa pagerank Google masih tetap eksis hingga sekarang namun tidak untuk publik, hanya untuk algoritma mereka sendiri.

Alternatif Authority Rank score

Karena pagerank (PR) sudah tidak bisa dikonsumsi umum lagi, oleh karena itulah beberapa Pelaku SEO membuat algoritma sendiri sebagai alternatif acuan menilai score rank dari sebuah halaman website, diantaranya adalah:

  • Domain Inlink Rank – (SEO powersuite)
  • Domain Authority (DA) & Page Authority (PA) – (Moz)
  • Citation Flow & Trust Flow – (Majestic)
  • Domain Rank – (Ahrefs)

Paling sering jadi acuan biasanya Moz, tidak aneh karena beberapa layanan website gratis mengambil API dari moz dan dijadikan tool online cek authority. Sementara yang lainnya harus berbayar.

Pagerank Google Score Berdasarkan Analisa Primedigital.id

Sebelum ada tool dari moz seperti DA PA cek, sebenarnya Kami sudah mengelompokkan beberapa algoritma Google dalam menentukan pagerank score diantaranya adalah:

  1. Backlink dari pagerank tinggi (page authorityPA Moz), bukan dari domain authority.
  2. Kualitas backlink
  3. Internal link
  4. Jumlah linkin VS outlink
  5. Brand mention (dengan link maupun tanpa link)
  6. Backlink setiap halaman VS jumlah keseluruhan halaman
  7. Trafik setiap halaman VS jumlah keselurahan halaman

Backlink dari pagerank tinggi (PA) bukan domain authority (DA)

Domain authority tinggi (DA) bukan berarti setiap halaman memiliki page authority tinggi juga (PA). Bahkan website dengan DA tinggi jika baru posting tetap saja page authoritynya (PA) rendah yaitu hanya satu (1).

Usahakan mendapatkan backlink dari page authority tinggi, apalagi jika seniche (satu tema topik). Biasanya ahli seo mengakalinya dengan memberikan backlink lagi ke backlink tersebut agar naik page authoritynya.

Kualitas backlink

Kualitas backlinks tentu sudah faham semua, yaitu biasanya dari domain authority dan page authority (DA-PA moz). Kualitas tersebut dapat dikelompokan lagi kedalam beberapa kriteria yaitu:

  • Backlinknya lebih banyak dari outlink
  • Trusted dan DA PA cukup tinggi dan spam score nya rendah.
  • Memiliki real trafik, lebih tinggi lebih bagus

Meskipun PA lebih penting, tapi jika domain authority tinggi, trafik bagus dan spam score nya rendah bisa membantu mendongkrak PA lebih cepat, serta bisa diberikan juga backlink ke backlink tersebut. Jika sudah terlanjur ada backlink banyak.

Anda bisa mulai mengauditnya dan menggunakan tool gratis dari seo spyglass. Anda bisa cek backlink mana yang ditandain toxic (racun) dan memiliki spam score tinggi serta over optimasi dengan anchor text linknya.

Internal Link

Internal link sangat penting untuk mempercepat peringkat score pagerank website Anda. Usahakan anchor internal link nya natural dan sesuai topik bahasan, jangan dipaksakan. Jika memang ingin menaikkkan rank suatu kata kunci (keyword) ada baiknya updated / publish artikel baru yang satu tema dengan target dan lakukan internal link.

Jumlah linkin VS outlink

Jumlah link masuk harus lebih banyak dari link keluar. Karena jika perbandingan sama atau bahkan terbalik, maka sangat rawan website Anda terdeteksi web spam. Hal ini juga berlaku untuk backlinks situs Anda.

Brand mention (dengan link maupun tanpa link)

Brand mention ini sangat penting juga karena bisa menjadi sinyal Google seberapa terkenal pamor website Anda. Hal tersebut juga pernah dibahas oleh Eric Enge, leads the Digital Marketing practice for Perficient Digital saat wawancara & percakapan dengan Google Webmaster Trends Analyst Gary Illyes tahun 2017. Cek disini artikelnya.

Sebelum ada publikasi tersebut, pakar SEO Kami sudah mendeteksi hal ini. Secara logika memang seharusnya sangat berpengaruh karena dari sini bisa terdeteksi seberapa terkenal brand Anda (termasuk domain name).

Jika ingin mendeteksi seberapa banyak brand mention situs di Google, bisa melalui cek di pencarian nama brand perusahaan Anda di Google. Biasanya kalau nama brand similar dan banyak didunia akan terdeteksi banyak. lakukan filter dengan nama domain saja. Contoh-nya seperti digambar berikut:

search brand tokopedia

Dari hasil tersebut terlihat ada sekitar 61,6 juta brand mention yang tersimpan di database Google dan dikirim by request dalam 0.40 detik (termasuk dalam domain mereka sendiri). Jika lebih mendetil lagi dengan domain ekstensinya (plus .com) biasanya hasilnya pasti lebih sedikit.

Sama halnya dengan Lazada, jika hanya lazada saja tentu hasilnya wow banget karena brand lazada saja ada di beberapa negara. Tapi jika mendetil lagi dengan menambahkan lazada.co.id maka hasilnya jauh dibawah tokopedia.

Artikel ini pun jika sudah diindeks oleh Google akan ditambahkan sebagai brand mention, meskipun tanpa menautkan link kesana. Menjadi sinyal kekuatan brand serta mendongkrak domain authority.

Backlink setiap halaman VS jumlah keseluruhan halaman

Faktor ini adalah versi pakar SEO Kami, mungkin Anda bingung apa maksudnya?

Backlink disetiap halaman ini maksudnya adalah setiap halaman dalam website / situs Anda, yang mana saja mendapatkan backlinks. Apakah semua, 1/2, 1/3 nya dan seterusnya.

Jika hampir semua halaman memiliki backlink, apalagi link bait (natural) bisa dipastikan situs tersebut memiliki konten yang bermanfaat semua. Begitupun sebaliknya.

Itulah mengapa website dengan artikel banyak belum tentu memiliki domain authority tinggi. Artikel lama (sudah ketinggalan zaman dengan metode terkini) mungkin harus diedit sesuai dengan sekarang.

Artikel lama dan yang tidak begitu bermanfaat bagi user bisa menjadi bumerang (parasit) sebuah Situs. Apalagi penuh dengan blog placement berbayar.

Trafik setiap halaman VS jumlah keselurahan halaman

Metodenya hampir sama dengan backlink setiap halaman tersebut, cuma ini masih bisa dimanfaatkan dengan cara memperbanyak internal link ke artikel yang kurang populer tadi serta share juga ke sosial media. Nantinya akan mempengaruhi dengan crawl budget SEO dan increase rank.

Categories
SEO

Hubungan SEO dengan Crawl Budget dan Crawl Rate

Mungkin Anda pernah mendengar tentang istilah crawl budget dan dunia SEO atau optimasi website untuk organic trafik.

Apa itu crawl budget? crawl budget adalah efisiensi atau mempermudah robot Google merayapi situs Anda. Pertanyaannya adalah pentingkah crawl budget untuk website kecil?

Nah disinilah kesalahfahaman beberapa pakar SEO yang menyatakan crawl budget hanya untuk situs web yang memiliki updated besar dalam sehari, lets say katakanlah seperti ecommerce yang ribuan hingga jutaan post produk baru dalam sehari.

Memang kenyataannya, resiko crawl budget buruk dan effort dibutuhkan tinggi ada di website besar, tapi bukan berarti website kecil bisa mengabaikannya begitu saja. Karena untuk mempermudah & efisiensi robot google berlaku untuk semua situs.

Kenapa Crawl budget Penting?

Crawl budget tidak mengenal apakah website Anda besar (ecommerce) atau kecil karena kegunaan crawl budget ini adalah mempermudah robot perayap Google (Google crawl bot) menelusuri, memetakan dan mengenal detail struktur website Anda.

Apa yang boleh dirayapi, di index / noindex. Begitu juga pengaturan parameter string urlfilter (url sama hanya ada tanda tanya ? setelahnya, biasanya filter pencarian dll).

Semakin rapih Anda menerapkan filter parameter, canonical, mana yang diindex mana yang tidak, membersihkan duplikat konten, dupikat url, duplikat meta tag maka secara garis besar Anda sudah menerapkan “crawl budget” dengan benar.

Crawl Rate Google Bot

Crawl budget erat hubungannya dengan crawl rate, semakin baik crawl budget Anda maka makin tinggi crawl rate website.

Namun, crawl rate bukan semata karena faktor crawl budget bagus, tapi faktor yang paling penting adalah updated konten dalam website, internal link dan update dari blog tempat backlink dofollow website Anda adalah faktor utamanya dan ini biasanya diimplementasikan melalui file sitemap.xml sebagai sinyal untuk Google.

Backlink tanpa rel=”nofollow” atau dofollow juga menentukan crawl rate karena robots google akan mengikuti link tersebut hingga merayapi website. Jadi inilah hubungan kuat antara backlink dan SEO.

Penempatan backlink di posisi halaman yang sering ada update (kategori, hompage) atau internal link ke halaman yang ada backlink Anda sangat penting dalam meningkatkan crawl rate (tapi dofollow).

Itulah kenapa backlink komentar dofollow kadang masih powerful karena sering update dari komentar lain. Begitu juga dari forum-forum yang aktif dan ramai balasan threadnya.

Salah faham Ecommerce Tentang ini

Masih ada beberapa ecommerce yang sedikit salah faham tentang ini, demi crawl budget bagus bahkan melakukan noindex untuk produk dari USER (User Generate Content) dan bahkan meniadakan file sitemap.xml.

Alhasil meskipun crawl budget bagus tapi crawl ratenya akan jatuh, drop dan ini tidak bagus untuk SEO.

Fakta menyatakan bahwa semakin tinggi crawl rate website maka efek SEO atau ranking di halaman Google akan sangat tinggi (bagus).

Jika sitemap.xml ditiadakan otomatis sinyal updated di website tersebut sangat rendah apalagi di noindex in.

Selain itu, tidak sedikit penjual di marketplace memilki official website sendiri dan pasang banner, logo marketplace tersebut dengan link ke halama tokonya serta dofollow pula. Atau ada juga yang sengaja mengoptimasinya juga.

Crawl Budget VS Crawl Rate

Meskipun crawl budget bagus tapi Anda juga harus memperhatikan efek crawl rate. Yang dibutuhkan itu adalah problem solving bukan menghindari problem.

Katakanlah website ecommerce Anda banyak yang bulk upload dan copy paste konten. Dicari solusinya bukan malah di noindex atau di tiadakan file sitemap.xml nya.

Solusinya bisa diantaranya:

  1. URL, jadikan url produk dari user terdiri hanya dari beberapa karakter saja, misal 4 kata saja dari judul, lalu sisanya berdasarkan generated kode yang panjang. Misal judulnya Jual Sepatu Adidas Murah untuk wanita tipe xxx. Urlnya menjadi /jual-sepatu-adidas-murah-saddHJAS778SA$jcGdKR.
  2. Kategori juga mungkin bisa bermasalah untuk url produk, ada baiknya urlnya berdasarkan user bukan kategori. Misal example.com/username/langsung-url-produknya-disini.
  3. Title tag, Title yang tampil di browser dan agar titak duplikat bisa diseting truncated dan berdasarkan parameter ID unik serta sebanyak mungkin. Bisa dari nama tokonya, usernya, IDnya, session ID, jam , tanggal dan waktunya dst.
  4. Meta description, Sama halnya dengan title tag. Buat truncated dan tarik data seunik dan sebanyak mungkin.
  5. H1 heading tag, H1 pun bisa diterapkan dengan menerapakan seperti title dan meta description diatas.
  6. Konten, Untuk konten memang sedikit agak susah. Solusinya adalah buat paragraf pertama otomatis dari meta description yang sudah diseting sebelumnya. Untuk feedback pun jangan ditampilkan sama persis untuk satu user, tapi tampilkan saja per produk. Jika tidak ada feedback atau komentar di produk itu, tampilkan apa adanya saja.
  7. Usahakan hindari banyak script dalam file html (landing page) dibagian header, karena script cukup mengganggu robot perayap. Kalau untuk CSS tidak begitu bermasalah.
  8. Harus diadakan file sitemap.xml khusus untuk produk updated. Kalau untuk masalah performa server host sudah pasti tidak akan masalah, lah wong ecommerce masa server hosting biasa.
  9. Optional, gambar / image. Gambar sangat riskan terkena copyright isu dan sebaiknya ada centang bahwa user bertanggung jawab untuk gambar yang diupload.

Jadi, meskipun crawl budget penting tapi lebih penting lagi crawl rate. Blog atau website kecil memimpikan crawl ratenya tinggi dan ada updated setiap hari. Sementara ecommerce terutama marketplace base on user generate yang tinggi updatednya tapi ketakukan dengan crawl budget.

Cari solusi, bukan menghindari!

Categories
SEO

Cloudflare dan Plugin Cache Kalah dengan Layanan Tool Gratis ini

Cloudflare adalah salah satu layanan free CDN, SSL dan elemen lain untuk mempercepat pagespeed loading website Anda.

Hampir semua pelaku internet pasti kenal dengan cloudflare, data center tersebar dibanyak negara dan versi gratis yang mumpuni.

Begitu juga plugin cache wp-rocket sangat terkenal percepat loading website yang memakai CMS wordpress. Tapi tentunya versi berbayarnya lebih optimal dan beda jauh dengan versi gratis.

Pagespeed Optimizer Generasi baru

Dengan uji coba memakai tool ini di beberapa website, Kami berani kasih kesimpulan bahwa tool tersebut lebih powerful dari cloudflare dan plugin cache berbayar lainnya.

Nitropack.io, yup belum banyak yang mengenal layanan pagespeed website tersebut. Bahkan Kami melakukan riset ternyata orang Indonesia juga banyak yang belum tahu.

Optimalisasinya membuat website jadi sangat super cepat dan tentu akan meningkatkan nilai SEO dari sebuah situs.

Cara pemakaiannya pun sangat mudah, hanya register lalu setting dan instal plugin untuk wordpressnya dan koneksikan dengan API yang diberikan.

Kemudahan lainnya adalah beberapa settingan akan otomatis tidak bisa diedit karena sudah terintegrasi dengan plugin Anda yang di wordpress serta optimal.

Pilihan Konfigurasi Tune

Geser konfigurasi tunenya dengan pilihan: standar, medium, strong, ludicrous dan manual. Jika website Anda banyak pernak-pernik tampilan, paling aman pilih yang medium.

Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba hingga ludicrous atau manual. Untuk manual harus disetting di dashboard website nitropack.io

Integrasi dengan CDN dari Amazon AWS Cloudfrount

Kelebihan nitropack.io lainnya adalah semua file statis website klien akan langsung terhubung dengan CDN dari amazon AWS cloudfrount.

Apakah Layanan Nitropack Berbayar?

  • Nitropack memberikan versi gratis dengan batasan kuota halaman teroptimasi lima ribu (5000) dan disk spage 1 GB.
  • Dengan total segitu sebenarnya sudah sangat cukup untuk website yang tidak terlalu besar. Andapun bisa upgrade kapan saja.

Setelah melakukan ujicoba dan membandingkan saat pemakaian nitropack, perbedaan kecepatan website klien sangat jauh dengan memakai layanan lain.

Nitropack tersebut sangat layak Anda coba dan buktikan hasil pagespeed yang diberikan. Jauh melampau ekpektasi rata-rata orang yang baru mencoba.

Jadi, meskipun hosting website Anda kurang bagus, akan tertutupi dengan menggunakan tool dari nitropack yang mantap ini.

Tapi sayangnya, Anda hanya bisa gunakan satu website dalam satu akun.

Selamat mencoba!!

Categories
SEO

Hosting Sangat Berpengaruh di SEO

Hampir semua kalangan sepakat bahwa faktor kecepatan halaman website / pagespeed sangat berpengaruh dalam menunjang performa search engine optimization atau SEO. Tapi yang paling mendasar justru adalah pemilihan hosting yang tepat sesuai kebutuhan SEO tersebut.

Melanjutkan artikel sebelumnya bahwa bukan saja pagespeed secara teknis (pagespeed insight google) atau gtmetrix yang berpengaruh tapi secara infranstruktur website adalah hal utama yang harus dikedepankan.

Jika hanya bicara website html biasa dan trafik juga belum banyak maka memilih hosting masih bisa yang biasa-biasa saja, tapi jika sudah bicara cms wordpress (WP) tidak bisa main-main dalam memilih hosting.

Karena WP dengan website berbasis php membutuhkan performa hosting yang mumpuni. Pun demikian halnya untuk single page aplication sudah pasti minimal memakai vps & dedicated hosting.

Lalu bagaimana memilih hosting tepat untuk wordpress?

WordPress adalah content management system (CMS) yang populer dan sangat banyak yang menggunakannya, selain itu juga cms ini dipercaya SEO friendly dengan dukungan banyak plugin & komunitasnya ditambah lagi kemudahan dalam pembuatannya.

Memilih hosting untuk keperluan wordpress ini memang harus ekstra hati-hati, karena ada banyak hosting yang hanya menampilkan fitur-fitur standar di informasi serta harga paketnya. Berikut syarat-syarat hosting WP yang layak digunakan,

Memakai fitur dan teknology terkini, diantaranya adalah:

  • Litespeed Web Server (LSWS) + litespeed cache
  • Teknologi terbaru, enterprise grade server, SSD sebagai penyimpanan
  • HTTP/2 server push, Quic, Brotli
  • Support Varnish/mencached/redis
  • Layanan support yang cepat
  • Free SSL
  • Proteksi keamanan (anti virus, malware)
  • Uptime (hampir semua claim 99,99%)

Dari delapan hal tersebut sebenarnya sudah cukup memadai untuk kecepatan website yang SEO optimize, sisanya adalah sesuai kebutuhan traffik dan webdisk storage disesuaikan pula dengan rencana hosting apa saja dan berapa domain. Jika tidak mencukupi bisa upgrade paket pastinya.

Sebisa mungkin memakai cloud hosting, tenang saja sekarang sudah banyak shared cloud hosting kok karena cloud hosting memiliki beberapa server dan dari beberapa negara yang bisa saling support jika ada salah satu server bermasalah sehingga website Anda tetap bisa diakses.

Faktanya, ada beberapa layanan hosting yang tidak menampilkan perpaketnya dapat apa saja. Bahkan dipukul rata dibagian terpisah mengenai teknologi yang mereka pakai sehingga kita tidak tahu akan dapat apa saja jika memilih paket hosting tersebut.

Padahal ketika kita sudah memakainya ternyata tidak bisa menggunakan fitur yang jadi incaran kita, seperti contoh redis/memcached instant dan lainnya.

Jadi, sebaiknya cek setiap paket hosting yang akan dipilih, fitur yang didapat apa saja dan jika tidak ada informasi bisa tanyakan langsung via chat atau email. Jika ingin lihat tampilan harga yang baik dalam sebuah layanan hosting, Anda bisa cek domanesia. Disana jelas apa saja yang Anda dapatkan untuk paket tersebut.

Begitu juga dewaweb, meskipun tidak selengkap informasinya seperti di domanesia tapi bisa dipastikan semua paket mereka sudah support redis DB caching dan mudah pemakaiannya.

Review hosting dari beberapa website

Mencari hosting dari website review memang cukup membantu, tapi tetap harus sesuaikan dengan budget dan fitur yang dibutuhkan. Sayangnya beberapa website review tidak menampilkan apple to apple terutama dengan harganya.

Sebagai contoh niagahoster vs hosting lain, web review menampilkan harga termurah niagahoster yang paket bayi 10 ribu perbulan dengan shared cloud hosting lain dengan harga tentu beda, teknologi yang dipakai pun juga beda.

Di niagahoster untuk paket paling tinggi untuk tipe unlimited hosting, Anda tetap tidak bisa memanfaatkan fitur redis/memcached meskipun sebenarnya aktif, atau setidaknya bukan yang bisa instant (sekali centang di fitur phpversion).

CDN cloudflare juga tidak support railgun, ya sama saja tidak perlu fitur ini karena Anda bisa daftarkan dan setting langsung di web cloudflare gratis.

Sebenarnya penulis sangat tertarik dengan hosting dicloud.id dari Bali karena mereka memiliki shared redis serta dedicated redis dengan harga cukup murah.

Tapi sayang setelah kami test melalui chat dan email ternyata tidak direspons, entah masih ada atau tidak layanan mereka. Idcloudhost juga cukup bagus, support chat cepat dan memakai ipv6, tapi sayangnya fitur redis hanya untuk paket vps cloud hosting.

Hosting luar negeri

Shared cloud hosting luar negeri memang terkenal handal tapi usahakan Anda memilih data center dari Singapore. Jadi jika tidak ada datacenter di Singapore mending cari alternatif layanan hosting lainnya jika target visitor Anda di Indonesia.

Kekurangan dari hosting luar negeri adalah banyaknya biaya terselubung alias Anda harus bayar lagi untuk menggunakan fitur tertentu, jadi tetap harus pastikan lagi saat memilih hosting.

Tapi tetap balik lagi ke kitanya, usahakan plugin yang di pakai tidak terlalu banyak. pakai yang penting dan seperlunya saja karena faktor kebanyakan plugin juga mempengaruhi kecepatan website.